Membuat kentang goreng Crispy


Cara membuat kentang goreng renyah dan crispy tahan lama

Kentang goreng memang termasuk camilan yang paling digemari. Biasanya dijual di gerai-gerai makanan cepat saji atau fast food dan disertai berbagai macam bumbu tabur atau saus.
Bagaimana cara membuat kentang goreng dengan rasa dan kerenyahan setara fast food? Ada beberapa trik yang perlu diketahui. Berikut ini kami tampilkan bahan dan cara membuat kentang goreng enak.
Cara membuat kentang goreng renyah dan crispy
Untuk menjadikan kentang goreng renyah tahan lama, ternyata rahasianya cuma tepung. Bisa menggunakan tepung terigu atau tepung maizena. Bagaimana cara membuat kentang goreng seperti ini? Di bawah ini kami jabarkan resep lengkapnya.
Bahan:
2 Buah kentang ukuran besar
1/2 Sendok teh kunyit bubuk
1 Sendok makan tepung terigu
2 Gelas air untuk merebus
2 Gelas air es
Garam secukupnya
Minyak untuk menggoreng secukupnya
Cara membuat kentang goreng renyah dan crispy:
Kupas dan potong-potong kentang, kemudian iris dengan bentuk stik setebal 0,5 cm sampai 1 cm. Segera masukkan ke dalam air setelah kentang diiris agar tidak berubah warna.
Didihkan air rebusan, kemudian tambahkan 1/4 sendok teh kunyit bubuk agar kentang tidak terlalu pucat. Rebus kentang selama 3 atau 4 menit.
Tiriskan kentang dan segera masukkan ke dalam air es.
Campur terigu dan garam, kemudian gulingkan kentang di atasnya. Aduk hingga seluruh bagian kentang terlumuri tepung dan garam.
Panaskan minyak secukupnya, kemudian goreng kentang hingga berwarna kekuningan. Setelah itu angkat dan tiriskan minyaknya di atas kertas minyak atau kertas tisu.
Cara membuat kentang goreng beku
Sekarang ini sudah banyak french fries beku dalam kemasan yang dijual di minimarket atau supermarket. Tak ada salahnya membuat sendiri, karena proses pengolahannya juga tidak sulit.
Berikut ini panduan cara membuat kentang goreng beku untuk bahan makanan awetan yang bisa disimpan di freezer.
Bahan:
4 Buah kentang ukuran sedang
2 Liter air
2 Liter air es
1 Sendok makan garam
1 Sendok makan minyak sayur
Cara membuat kentang goreng beku:
Kupas dan potong-potong kentang, kemudian iris dengan bentuk stik setebal 0,5 cm sampai 1 cm. Segera masukkan ke dalam air setelah kentang diiris agar tidak berubah warna.
Didihkan air dan garam, kemudian rebus kentang selama 2 menit. Setelah itu tiriskan kentang dan masukkan ke dalam air es.
Tiriskan air dari kentang, kemudian aduk kentang dengan minyak sayur. Tempatkan kentang di atas kertas roti. Jangan ditumpuk. Setelah itu dinginkan di lemari es selama 6 jam.
Pindahkan kentang ke kantung ziplock, kemudian simpan di dalam freezer.

Cara membuat kentang goreng tanpa tepung
Kebanyakan resep kentang goreng atau french fries lokal menggunakan tepung terigu atau maizena untuk menambahkan tekstur renyah yang tahan lama. Sebenarnya cara membuat kentang goreng seperti ini bisa dimodifikasi dengan rendaman air es. Kentang yang direndam dalam air es akan menghasilkan kerenyahan ekstra setelah digoreng.
Di bawah ini kami sajikan cara membuat kentang goreng renyah tanpa tepung terigu atau tepung maizena.
Bahan:
100 gram beef tallow atau lemak daging sapi beku (bisa diganti dengan palm shortening atau minyak kanola)
4 Buah kentang ukuran sedang
2 Liter air es
Minyak untuk menggoreng secukupnya
Garam secukupnya
Cara membuat kentang goreng tanpa tepung:
Kupas dan potong-potong kentang, kemudian iris dengan bentuk stik setebal 0,5 cm sampai 1 cm. Segera masukkan ke dalam air es setelah kentang diiris. Biarkan kentang terendam selama 1 jam.
Lelehkan beef tallow di penggorengan, kemudian tambahkan minyak goreng.
Tiriskan kentang dari air rendaman, kemudian goreng dalam campuran minyak dan beef tallow yang sudah panas. Jika warnanya sudah kuning keemasan, angkat dan tiriskan minyaknya.
Taburi kentang goreng dengan garam halus sesaat sebelum disajikan.


MAU yang instan
Klik disini

Comments

Popular posts from this blog

MANFAAT DARI TANAMAN KENTANG

Cara Asyik Menikmati Kentang

Sejarah Kentang